Penting! Syarat mengikuti Program Giveaway Produk Klub Cahaya dan klaim hasil adalah memberikan satu komentar atau lebih; di salah satu post Kabar; dan di salah satu produk Klubshop HK atau di salah satu produk Klubshop ID. Silahkan memberikan komentar sekarang juga dan kami akan memberikan penilaian kelayakan.

Properti Lelang Giveaway Gaya Hidup

Berapa Kisaran Gaji Bekerja di Taiwan?

Begini Kisaran Gaji Bekerja di Taiwan, Tertarik Kerja di Sana?

Umumnya Pekerja Migran Indonesia atau PMI dan Calon Pekerja Migran Indonesia atau CPMI tergiur untuk bekerja di Taiwan. Alasannya karena besaran gaji yang lebih besar di dalam bekerja di sektor pabrik atau rumah tangga.

Sebenarnya berapa sih besaran gaji kerja di Taiwan? Banyak yang ingin tahu berapa gaji kerja di Taiwan dan bagaimana sih, syaratnya?

gaji bekerja di Taiwan
Illustrasi Bandara Taipei (Image: iStock)

Tidak salah memang, sebab Taiwan adalah salah satu negara tujuan utama terbesar, bagai para CPMI mencari job ke luar negeri.

Kurang lebih sekitar 200.000 orang WNI yang sedang bekerja di Taiwan dan tersebar di berbagai sektor. Konstruksi, pabrik, perawat Panti Jompo, Caregiver dan PLRT (Penata Laksana Rumah Tangga) atau asisten rumah tangga.

Gaji Besar Yang Menggiurkan

gaji bekerja di Taiwan
Illustrasi uang Taiwan (Image: Hon Chung Ham/Alamy Stock Photo)

PMI yang bekerja di Taiwan saat ini menerima gaji sebesar minimal 22.000 Dolar Taiwan atau setara Rp 10 juta untuk pekerja manufaktur.

Itupun belum termasuk tambahan penghasilan di luar jam kerja alias lembur. Jika pekerja rajin dan ikut lembur, maka total pendapatan bulan bisa mencapai lebih dari 13 juta rupiah.

Sementara itu untuk Pengasuh Lansia dan Asisten Rumah Tangga dapat menerima gaji perbulan antara 7 juta hingga 8 juta rupiah.

gaji bekerja di Taiwan
Illustrasi (Image: Kzenon/Alamy Stock Photo)

Menariknya, bekerja di Taiwan, peluang penerimaan saat interview lebih besar daripada bekerja di Korea ataupun Jepang.

Maka tak heran, CPMI yang gagal tes kerja ke Korea atau Jepang, memilih mendaftar untuk bekerja di Taiwan.

Meskipun jumlah gaji masih kalah besar dari Korea yang mencapai 30 juta per bulan, tetap saja peluang tes bekerja ke Korea sangat kecil. Itu karena Korea hanya menyediakan kuota lowongan 2000 saja untuk tenaga kerja asing.

Illustrasi (Image: Kzenon/Alamy Stock Photo)

Ketatnya peneriman PMI Korea, lebih banyak kesempatan ke Taiwan

Korea membuka kuota 2000 lowongan pekerjaan untuk 15 negara. Di antaranya Bangladesh, Kamboja, China, Kirgistan, Mongolia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Philipina, Indonesia, Srilangka, Thailand, Timor Leste, Uzbekistan dan Vietnam.

Tentu saja bisa terbayangkan betapa ketat persaingan untuk bisa bekerja di negeri ginseng tersebut.

Selain permasalahan kuota tadi, kesulitan menembus dunia kerja di negara Korea adalah karena sistem. Penempatan CPMI yang mengelola langsung adalah kedua negara melalui program G to G (Government to Government).

Illustrasi (Image: ITAR-TASS News Agency/Alamy Stock Photo)

Proses G to G adalah program kerja sama dua negara antara pemerintah Republik Indonesia dengan pemerintah Korea Selatan dalam hal penempatan tenaga kerja.

Sehingga di dalam proses seleksinya, perlu sistem dan mekanisme yang lebih ketat.

Dan di dalam penempatan CPMI ke Taiwan dan beberapa negara lainnya seperti Hongkong, Singapura, Saudi Arabia, Kamboja, Brunei Darussalam, Malaysia, pemerintah masih memeberdayakan P3MI (Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia).

gaji bekerja di Taiwan
Illustrasi (Image: Lou Linwei/Alamy Stock Photo)

P3MI merupakan perusahaan berbadan hukum swasta yang telah memiliki izin dari pemerintah untuk menyelenggarakn pelayanan penempatan PMI di luar negeri, termasuk negara China Taiwan.

Jadi kisaran gaji bekerja di Taiwan, cukup besar untuk yang tidak memiliki pendidikan akademik yang tinggi.

Nah, informasi ini tentu saja semoga dapat bermanfaat bagi CPMI yang memiliki niatan untuk bekerja di luar negeri, khususnya Taiwan. Bagikan artikel ini jika bermanfaat ya!

Berita ini telah terbit di : Rumah Migran

Share this post

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

Tidak ada produk di keranjang.

%d blogger menyukai ini: