Hal Dasar Bagi Pengguna Internet

Hal Dasar Bagi Pengguna Internet

Hal Dasar Operasi Internet

Pengetahuan Dasar

Kartu SIM (Card) – Nomor Kontak

Kartu SIM (Subscriber Identity Module atau Subscriber Identification Module) adalah sebuah kartu kecil yang kita perlu menaruhnya di telepon genggam. SIM Card ini yang menyimpan kunci pengenal jasa telekomunikasi. Sedangkan kartu SIM kita harus menggunakan dalam sistem GSM. Kartu yang mirip dengan SIM dalam UMTS disebut USIM, sedangkan kartu RUIM popular dalam sistem CDMA.

Kita mengenal dengan sebutan Nomor HP. Ini adalah hal dasar pengetahuan penting dan wajib dalam menggunakan internet melalui perangkat seluler.

Alamat e-Mail

Surat elektronik (akronim: surel) atau pos elektronik (akronim: pos-el atau posel) (bahasa Inggris: e-mail) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer dengan Internet.

Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli prangko) Namun surat elektronik umumnya biaya yang mengeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan internet. Namun, ada pengecualian, misalnya surat elektronik ke telepon genggam. Kadang pembayarannya menagih per pengiriman.

e-Mail juga hal dasar pengetahuan penting dan wajib dalam menggunakan internet.

Kata Sandi / Password

Kata sandi (Inggris: password atau passphrase) adalah kumpulan karakter atau string yang wajib bagi pengguna jaringan. Atau sebuah sistem operasi yang mendukung banyak pengguna (multiuser). Gunanya untuk memverifikasi identitas dirinya kepada sistem keamanan yang dimiliki oleh jaringan atau sistem tersebut. Kata sandi juga dapat artiannya sebagai kata rahasia sebagai pengenal.

Penting juga..!!! Buat kata sandi / password yang mudah kita mengingatnya, namun tidak mudah bagi orang untuk bisa mengetahuinya. Usahakan kata sandi mengandung kombinasi huruf, angka dan simbol.

Perangkat

Salah satu hal dasar bagi pengguna internet yang memakai perangkat keras seperti telepon seluler (HP Android atau iPhone), notebook, komputer, dan sebagainya, adalah PEMBERSIHAN CACHE..!!!

Hal Dasar Bagi Pengguna Internet
Contoh pembersihan cache pada satu aplikasi telepon seluler.

Cache adalah tempat penyimpanan sementara yang tujuannya agar loading website menjadi lebih cepat. Memori cache menyimpan file statis di dalam memori perangkat (HP atau komputer) lokal. Jumlah permintaan ke web server yang menyimpan file aktual akan berkurang sehingga file-file tersebut akan load dari tempat penyimpanan di perangkat lokal. Oleh karena itu, dengan caching elemen seperti HTML, CSS, JS, dan gambar, browser akan secara drastis mengurangi waktu loading dan penggunaan resource.

Sebutan cache merupakan istilah untuk menggambarkan tempat penyimpanan sementara. Sementara itu, cached data adalah kumpulan item yang tersimpan di dalam lokasi penyimpanan cache. Jadi, setiap saat browser ada permintaan untuk meloading file tertentu, maka hal pertama akan memeriksa adalah ketersediaan resource di jaringan lokal. Jika resource tidak ada, browser akan mengirimkan permintaan ke web server terkait dan menyimpannya sebagai cached data, tergantung pada tipe file.

Cara lain paling mudah membersihkan cache adalah menyalakan ulang perangkat (re-start)..!!!

Dengan mengetahui cara menghapus cache, maka kita dapat membersihkan semua data yang tersimpan di tempat penyimpanan sementara. Pada saat akses situs setelah membersihkan cache, kita akan melihat bahwa perangkat memerlukan waktu sedikit lebih lama untuk meloading file atau data. Hal ini karena tidak adanya resource yang tersimpan di perangkat kita sendiri dan semua resource harus mengirim oleh web server terkait.

Tujuan Pembersihan Cache

File yang di penyimpan di dalam cache dapat menghabiskan sejumlah ruang di disk space dari waktu ke waktu. Hal ini dapat menyebabkan perangkat membutuhkan waktu loading yang lebih lama juga dari pada biasanya serta menggunakan resource tambahan. Lebih jauh lagi, resource yang outdated pada cache bisa menampilkan konten yang salah. Sebagai contoh, Anda kesusahan dalam melihat beberapa perubahan dan update di website. Karena itulah, dengan menghapus cache browser secara rutin, Anda bisa mencegah hal tersebut.

Hati-hati..!!! Jangan sampai Anda salah menekan menghapus data..

Perangkat keras

Bagian perangkat keras komputer (bahasa Inggris: hardware atau singkatnya HW) adalah semua bagian fisik komputer. Dan membedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya. Serta membedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya (secara otomatis).

Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram. Itu kalau kita berbicara mengenai perangkat keras karena firmware ini adalah perangkat lunak yang “pembuatannya” masuk ke dalam perangkat keras. Namun, perangkat keras ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, sedangkan jarang pengguna umum mengenalnya. Lagi pula seperti, RAM, CPU, mouse, keyboard, sacnner, monitor, printer, dan sebagainya.

Perangkat lunak

Perangkat lunak atau piranti lunak (bahasa Inggris: software) adalah istilah khusus untuk data yang format dan penyimpanannya secara digital. Lagi pula termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa untuk baca dan tulis oleh komputer. Namun dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Sedangkan istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.

Bahasa Pemrograman

Pembuatan perangkat lunak itu sendiri memerlukan “bahasa pemrograman”. Namun orang yang menulisnya adalah seorang pemrogram. Sedangkan selanjutnya mengkompilasi dengan aplikasi kompiler sehingga menjadi kode yang bisa terkenali oleh mesin perangkat keras. Perangkat lunak seperti Windows atau Linux bisa menyebutnya sebagai nyawa dari komputer. Tanpa instalasi sistem operasi tersebut maka komputer tidak dapat beroperasi. Piranti lunak sistem operasi biasanya tersimpan di Partisi C sehingga saat komputer mengalami masalah, Partisi C yang terkena imbas. Perangkat lunak lain juga tersimpan di Partisi C. Bila komponen tidak lagi berjalan maksimal kita dapat menghapus instalasinya dan menginstal ulang. Data-data lain lebih baik menyimpan di Partisi D. Sehingga saat perangkat lunak terkena virus atau tidak berjalan normal kembali maka dapat menginstal ulang dan data penting dapat terselamatkan.

Keterhubungan Internet (koneksi)

Internet (lakuran bahasa Inggris dari interconnection network; arti harfiah: “jaringan yang saling berhubungan”) adalah sistem jaringan komputer yang saling terhubung secara global dengan menggunakan paket protokol internet (TCP/IP) untuk menghubungkan perangkat di seluruh dunia. Ini adalah jaringan dari jaringan yang terdiri dari jaringan privat, publik, akademik, bisnis, dan pemerintah lokal ke lingkup global, dihubungkan oleh beragam teknologi elektronik, nirkabel, dan jaringan optik. Internet membawa beragam sumber daya dan layanan informasi, seperti dokumen hiperteks yang saling terkait dan aplikasi World Wide Web (WWW), surat elektronik, telepon, dan berbagi berkas.

Asal Usul

Asal usul Internet berasal dari penelitian yang penugasan oleh pemerintah federal Amerika Serikat pada tahun 1960-an untuk membangun komunikasi yang kuat dan toleran terhadap kesalahan dengan jaringan komputer.[1] Jaringan prekursor utama, ARPANET, awalnya berfungsi sebagai tulang punggung untuk interkoneksi jaringan akademik dan militer regional pada 1980-an. Pendanaan National Science Foundation Network sebagai tulang punggung baru pada 1980-an, serta pendanaan swasta untuk ekstensi komersial lainnya, mendorong partisipasi dunia dalam pengembangan teknologi jaringan baru, dan penggabungan banyak jaringan.[2] Keterkaitan jaringan komersial dan perusahaan pada awal 1990-an menandai dimulainya transisi ke internet modern,[3] dan menghasilkan pertumbuhan eksponensial yang berkelanjutan ketika generasi komputer institusional, personal, dan seluler terhubung ke jaringan. Meskipun internet banyak digunakan oleh akademisi sejak 1980-an, komersialisasi memasukkan layanan dan teknologinya ke dalam hampir setiap aspek kehidupan modern.

Rekonstruksi

Sebagian besar media komunikasi tradisional, termasuk telepon, radio, televisi, surat kertas dan surat kabar membentuk ulang, mendefinisikan ulang, atau bahkan perlu melewati internet, sehingga melahirkan layanan baru seperti email, telepon Internet, televisi Internet, musik online, surat kabar digital, dan situs web streaming video. Surat kabar, buku, dan penerbitan cetak lainnya beradaptasi dengan teknologi situs web, atau membentuk kembali menjadi blogging, feed web, dan agregator berita online. Internet telah memungkinkan dan mempercepat bentuk interaksi pribadi baru melalui pesan instan, forum Internet, dan jejaring sosial. Belanja online telah tumbuh secara eksponensial baik untuk pengecer besar, usaha kecil dan pengusaha, karena memungkinkan perusahaan untuk memperluas kehadiran “batu bata dan mortir” mereka untuk melayani pasar yang lebih besar atau bahkan menjual barang dan jasa sepenuhnya online. Layanan bisnis-ke-bisnis dan keuangan di Internet mempengaruhi rantai pasokan di seluruh industri.

Pengelolaan

Internet tidak memiliki tata kelola terpusat tunggal dalam implementasi teknologi atau kebijakan untuk akses dan penggunaan; setiap jaringan konstituen menetapkan kebijakannya sendiri.[4] Definisi melampaui batas dari dua ruang nama utama di Internet, ruang alamat Protokol Internet (alamat IP) dan Sistem Penamaan Domain (DNS), mengarahkan oleh organisasi pengelola, Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN). Dasar-dasar teknis dan standardisasi protokol inti adalah kegiatan dari Internet Engineering Task Force (IETF), sebuah organisasi nirlaba dari para peserta internasional yang berafiliasi secara terbuka yang dapat diajak bekerjasama oleh siapa saja dengan kontribusi berkeahlian teknis.[5] Pada November 2006, Internet dimasukkan ke dalam daftar New Seven Wonders dari USA Today.[6]

Kembali ke beranda Klub Cahaya, atau kunjungi toko kami Klubshop untuk berbagai penawaran menarik!

Hal Dasar Bagi Pengguna Internet

Share this post

There are no comments

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Download / Install Aplikasi Klub Cahaya

Hai, sahabat Cahaya! Ini cara download dan install aplikasi Klub Cahaya ke HP kamu. Mudah, cepat dan tidak butuh banyak memori.

Klik "Add Klub Cahaya to Home screen".

Refresh layar jika tidak muncul.

Klik "Add". Selesai.

Tunggu beberapa saat.

Klub Cahaya terinstall; icon muncul di layar HP.

Happy time bersama Klub Cahaya!!!