Indonesia Masuk Daftar 100 Kota Wisata Kuliner

Platform panduan online untuk makanan tradisional, ulasan kritikus makanan, serta artikel penelitian tentang bahan dan hidangan populer berbasis di Kroasia, TasteAtlas, melanjutkan daftar tahunannya dengan merilis “100 Kota Wisata Kuliner Terbaik di Dunia” tahun 2023/2024.

“Dari 16.601 kota di database kami, berdasarkan 395.205 (271.819 valid) suara pengguna, 100 kota ini telah mencatat peringkat rata-rata terbaik untuk hidangan daerah dan nasional yang paling sering disajikan di kota tersebut,” sebutnya.

Posisi teratasnya dipimpin Bandung yang bertengger di peringkat ke-10 dengan skor 4,66 dari 5. Kuliner Kota Kembang diwakilkan batagor, mie kocok, cireng, siomai, dan nasi kuning. Sementara itu, rekomendasi restoran autentiknya, yakni Warung Nasi Ibu Imas 81, Lemper Purnama, Baso Tahu Mang Ade, Serabi Kinca Suji – Eka Rasa, dan Batagor Yunus.

Indonesia Masuk Daftar 100 Kota Wisata Kuliner

Jakarta menyusul di posisi ke-11 dengan skor 4,65 dari 5 yang “terkenal akan nasi uduk, gado-gado, soto Betawi, bubur ayam, dan bakso.” Restoran autentiknya terdiri dari 1945 Restaurant, Lapo Marpadotbe, Bandar Djakarta, Rumah Makan Marannu, dan Asinan Betawi H. Mansyur.

Selanjutnya ada Surabaya di rangking ke-16, mencatat skor 4,61 dari 5. Kota Pahlawan disebut terkenal akan sajian rujak cingur, rawon, soto Lamongan, pecel, dan bebek goreng. Soto Ayam Ambengan Pak Sadi, Soto Ayam Cak To, Bebek Goreng Papin, Rawon Pak Pangat, dan Zangrandi Ice Cream adalah sederet rekomendasi tujuan kuliner autentik di seantero kota.

Tidak ketinggalan, ada Padang di peringkat ke-42 dengan skor 4,51 dari 5. Nasi padang, rendang, gulai, keripik, dan sate Padang merupakan kuliner andalan yang TasteAtlas catat, sedangkan restoran autentiknya, yakni Lamun Ombak Rumah Makan, Kripik Balado Christine Hakim, Pagi Sore, Resto Selamat, dan Restoran Simpang Raya.

Malang Tidak Mau Kalah

Kembali ke Jawa Timur, Malang melengkapi daftar 100 Kota Wisata Kuliner di Dunia, menurut TasteAtlas. Kota Bunga mencatat skor 4,48 dari 5, dan tertulis terkenal untuk kuliner, seperti bakwan malang, rawon, keripik, pecel, dan sate mutton.

Indonesia Masuk Daftar 100 Kota Wisata Kuliner

Rumah Makan Rawon Nguling, Keripik Tempe Pak Tohir, Rawon Rampal Malang, Bakso Kota Cak Man, dan Bakso Cak Kar adalah beberapa restoran autentik yang tertuliskan. Tidak berhenti di situ, karena daftarnya juga memuat Yogyakarta di peringkat ke-58 dengan skor 4,44 dari 5.

Gudeg, ayam goreng, sayur lodeh, sambal, dan sate adalah hidangan populer dari Kota Budaya, dengan Gudeg Sagan, Gudeg Yu Djum, Jejamuran, Gudeg Bu Hj Amad, dan Warung Kopi Klotok sebagai rekomendasi restoran autentiknya.

Menyeberang ke Bali, Seminyak juga masuk dalam list, mencatat skor 4,41 dari 5. Sate, rendang, sambal, betutu, dan nasi goreng jadi hidangan-hidangan paling populer. Lalu, rekomendasi restoran lokalnya meliputi Biku Bali, Wacko Burger Cafe, Pork Star Restaurant, Warung Nia, dan Chandi.

Tidak Hanya Seminyak

Bali tidak hanya perwakilan dari Seminyak, karena Ubud pun masuk dalam rekomendasi TasteAtlas. Wilayah ini berada di posisi ke-86 dengan skor 4,37 dari 5. Tempe, betutu, bebek goreng, nasi campur, dan sambal jadi sederet hidangan yang menjagokan.

TasteAtlas juga merekomendasikan Bebek Tepi Sawah, Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku, Warung Nasi Be Tutu, Hujan Locale, dan Dewa Warung sebagai restoran lokal bercita rasa autentik.

Indonesia Masuk Daftar 100 Kota Wisata Kuliner

Merujuk daftar tersebut, Indonesia jadi negara paling unggul di Asia Tenggara, dan ketiga di Asia, setelah Jepang dan Hong Kong. Tiga teratas list seluruhnya terborong Italia dengan Roma di peringkat teratas, menyusul Bologna dan Naples, masing-masing di posisi ke-2 dan ke-3.

Ranking empat dalam daftar masih terisi oleh kota di Eropa, yakni Wina, Austria, yang menang tipis dari Tokyo, Jepang, di peringkat ke-5. Posisi ke-6 kembali ditempati kota di Jepang, yakni Osaka, lalu Hong Kong; Turin, Italia; dan Gaziantep, Turki. Bandung, Indonesia menggenapi posisi 10 besar.

Destinasi Kuliner Terbaik Di Dunia

Indonesia berada di peringkat ke-6 dalam daftar 100 Destinasi Kuliner Terbaik di Dunia 2023/2024 versi TasteAtlas. Peringkat tahunan ini terdiri dari masakan, hidangan, tujuan wisata kuliner, produk dan bahan-bahan makanan terbaik, serta daftar restoran dan buku masak legendaris.

Sebanyak 395.205 (271.819 valid) peringkat hidangan dan 115.660 (80.863 valid) peringkat produk makanan telah tercatat. Berdasarkan peringkat ini, 50 kuliner teratas untuk setiap wilayah terekstraksi.

Indonesia Masuk Daftar 100 Kota Wisata Kuliner

Ranking kuliner Indonesia dengan skor 4,57 dari 5 membuatnya jadi yang paling unggul di Asia Tenggara. Thailand berada di peringkat ke-17, menyusul Vietnam (22), Malaysia (31), Filipina (33), Singapura (56), Laos (86), dan Myanmar (93). Berikut 10 besar daftar destinasi kuliner terbaik di dunia 2023/2024 menurut TasteAtlas:

  1. Italia (4,65)
  2. Jepang (4,65)
  3. Yunani (4,61)
  4. Portugal (4,61)
  5. China (4,59)
  6. Indonesia (4,57)
  7. Meksiko (4,56)
  8. Prancis (4,55)
  9. Spanyol (4,55)
  10. Peru (4,54)

Melakukan penilaian berdasarkan peringkat rata-rata hidangan dan produk makanan di setiap negara. Italia dan Jepang mencatat peringkat rata-rata yang sama, namun Italia kembali menduduki peringkat pertama tahun ini karena hidangan teratasnya, yakni pizza, mencatat nilai lebih tinggi.

Sumber artikel: Liputan6

Indonesia Masuk Daftar 100 Kota Wisata Kuliner

Desain website oleh Cahaya TechDev – Klub Cahaya

Ryanwinters369

Life Is Like A Wind

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan