Konsep Menjadi Kaya Robert T. Kiyosaki

Siapa yang tidak kenal Robet T. Kiyosaki? Beliau adalah penulis buku ‘Rich Dad, Poor Dad’, yang terkenal dengan pemikirannya dalam mengelola keuangan. Juga pemikirannya mengenai bagaimana uang bekerja untuk kita, bukan kita yang bekerja untuk uang. Sejak buku Rich Dad Poor Dad cetak ulang pada 2021, nama Robert T. Kiyosaki makin santer publik kenal lantaran pemikirannya yang gemilang dalam mengelola keuangan.

Selain sebagai penulis buku, beliau juga adalah seorang investor, businessman, dan motivator. Dari buku ‘Rich Dad, Poor Dad’, banyak anak muda yang tersadarkan, bahwa kita tidak bisa mengandalkan satu mata pencaharian jika kita ingin memiliki kebebasan finansial. Kita harus memiliki pekerjaan dan juga bisnis sampingan selain pekerjaan utama kita.

Robert T. Kiyosaki lahir pada 8 April 1947. Pria berdarah Amerika tersebut merupakan founder Rich Global LLC dan juga Rich Dad Company, sebuah perusahaan pendidikan keuangan swasta yang menyediakan berbagai kelas bisnis. Salah satu pemikiran Kiyosaki yang paling masyhur yaitu, menurutnya orang kaya atau miskin tidaklah kita lihat dari seberapa uang yang mereka punya.

Konsep Menjadi Kaya Robert T. Kiyosaki : 5 Pemikiran Robert T. Kiyosaki

Berikut 5 pemikiran Robert T. Kiyosaki yang dapat mengubah hidup kita dan finansial kita :

Belajar Mengelola Keuangan Dengan Robert T. Kiyosaki

1. Uang Adalah Sesuatu Yang Sangat Berpengaruh

Uang adalah sesuatu yang sangat berpengaruh dalam kehidupan kita. Tanpa uang, kita akan sulit melakukan banyak hal, seperti bersekolah, membeli kebutuhan pokok, dan belanja.

Namun berdasarkan buku ‘Rich Dad, Poor Dad’ oleh Robert T. Kiyosaki, hal yang paling berpengaruh dalam hidup ini bukanlah uang, tetapi pengetahuan finansial. Uang bisa datang dan pergi, tapi jika kita memiliki pengetahuan mengenai bagaimana uang bekerja, kita bisa menghasilkan uang yang lebih banyak dan mulai membangun kekayaan.

Hal yang tak pernah sekolah ajarkan, adalah bagaimana kita mengatur keuangan kita, dan bagaimana cara agar uang yang bekerja untuk kita. Karena pada hakikatnya, kita sendirilah yang harus mencari jalan untuk menjadi kaya, bukan dengan diberitahu orang lain. Karena setiap orang punya jalan dan pengalaman mereka masing-masing yang belum tentu jika dilakukan akan selalu berhasil di semua orang.

2. Jika Gagal, Belajar Untuk Kembali Bangkit

Ada quote yang mengatakan kalau hidup itu tidak seindah mimpi. Itu benar adanya, hidup itu keras. Kita harus berjuang setiap harinya untuk memperoleh apa yang kita inginkan. Hidup mendorong kita untuk tidak menyerah, dan walaupun berat, kita harus dengan ikhlas dan berani menghadapi setiap tantangan yang ada di depan kita.

Jika gagal dan masih mau belajar untuk bangkit, maka kita akan bertumbuh menjadi seorang yang bijaksana, kaya, dan bahagia. Jika kita tidak mau belajar bangkit, maka yang ada kita hanya menghabiskan hidup ini dengan menyalahkan orang lain. Juga menyalahkan pekerjaan, gaji yang rendah, atau atasan untuk setiap masalah finansial kita. Kita akan selalu berharap untuk sesuatu yang besar untuk mengatasi masalah keuangan kita.

3. Banyak Uang Tidak Akan Menyelesaikan Masalah

Banyak orang beranggapan bahwa uang bisa menyelesaikan masalah. Kenyataannya banyak uang tidak akan menyelesaikan masalah. Karena manusia adalah makhluk yang memiliki rasa takut dan serakah. Semakin banyak uang akan semakin banyak juga keinginan dan kebutuhan untuk memenuhi lifestyle kita.

Contohnya, ketika kita menerima gaji, hal pertama yang akan kita lakukan adalah belanja, memenuhi setiap kebutuhan kita. Dan bagi sebagian lagi, gaji mereka untuk membayar utang maupun cicilan yang menunggak agar tidak mendapat tmasalah dengan kreditor.

Orang bekerja keras untuk menghasilkan uang karena berpikir uang akan menenangkan jiwa mereka yang terganggu karena ketakutan dan keinginan. Kebanyakan dari kita menginginkan uang untuk kesenangan yang kita pikir dapat kita beli. Padahal kenyataannya kesenangan yang uang berikan hanya sementara, kita tidak menjadi lebih bahagia, lebih nyaman, dan lebih aman juga karena uang.

4. Bekerja Adalah Solusi Jangka Pendek Untuk Sebuah Masalah Jangka panjang

Bekerja keras untuk uang, karena kita berpikir dengan uang kita bisa membeli sesuatu yang dapat membuat kita bahagia. Tapi percaya tidak, jika uang juga bisa membuat kita terbangun di tengah malam karena takut akan utang-utang yang mengerikan yang tidak dapat kita lunasi.

Besaran gaji bukanlah jaminan kita untuk menjalani hidup. Berasumsi bahwa pekerjaan bisa memberikan rasa aman secara finansial adalah penipuan terhadap diri sendiri. Yang sebenarnya adalah, pekerjaan merupakan sebuah jebakan yang harus kita hindari.

Menurut Robert T. Kiyosaki, bekerja adalah solusi jangka pendek untuk sebuah masalah jangka panjang.

5. Tetap Lakukan Pekerjaan Harian Dan Mulai Membangun Bisnis Kita Sendiri

Tahukah kamu jika selama ini kita bekerja untuk siapa?

  • Perusahaan. Menurut Robert T. Kiyosaki, karyawan membuat atasan mereka kaya, bukan mereka yang kaya. Usaha dan kesuksesan karyawan akan membantu atasan mendapatkan kesuksesan dan pensiun mereka
  • Pemerintah. Pemerintah mengambil sebagian dari gaji kita sebelum kita melihatnya. Dengan bekerja keras, kita dengan mudah menaikkan jumlah pajak yang pemerintah ambil. Kebanyakan orang bekerja dari Januari sampai Mei hanya untuk pemerintah
  • Bank. Bank mengambil sebagian hasil tabungan kita berupa biaya admin. Bahkan bank kadang juga menawarkan kartu kredit maupun asuransi untuk kita, guna menunjang kebutuhan lifestyle kita.

Menurut Robert T. Kiyosaki, sejatinya kita tidak bisa hidup dengan mengandalkan satu pendapatan saja. Banyak orang tetap harus bekerja di pekerjaan utama mereka dan bergantung pada gaji mereka untuk mendanai bisnis mereka.

Konsep Menjadi Kaya Robert T. Kiyosaki : Kata – Kata Bijak Robert T Kiyosaki

So, guys apakah kamu penasaran dan tertarik dengan pemikiran Robert T. Kiyosaki, penulis buku Rich Dad Poor Dad ini?

Kiyosaki berasumsi bahwa semakin banyak uang semakin banyak pula pengeluaran. Maka, ia mendefinisikan orang yang kaya adalah orang yang memiliki mindset yang apik. Kiyosaki percaya bahwa, mindset adalah segalanya dalam kehidupan karena siapa Anda, merupakan hasil dari mindset yang Anda miliki.

Berikut 15 kata-kata bijak Robert T Kiyosaki yang bisa ubah mindset Anda:

  1. Bukan apa yang Anda katakan dari mulut Anda yang menentukan hidup Anda. Apa yang Anda bisikkan kepada diri sendirilah yang memiliki kekuatan paling besar!
  2. Di sekolah kita mendapat pelajaran bahwa membuat kesalahan itu buruk, dan kita akan mendapat hukuman apabila melakukannya. Namun, kita belajar dengan membuat kesalahan. Jika kita tidak pernah jatuh, kita tidak akan pernah berjalan.
  3. Pemenang tidak takut kalah. Kegagalan adalah bagian dari proses kesuksesan. Orang yang menghindari kegagalan berarti menghindari kesuksesan.
  4. Cinta uang adalah akar segala kejahatan. Kekurangan uang adalah akar segala kejahatan.
  5. Saya lebih suka menyambut perubahan daripada berpegang teguh pada masa lalu.
  6. Satu-satunya aset paling kuat yang kita miliki adalah pikiran kita. Jika dilatih dengan baik, ia dapat menciptakan kekayaan yang luar biasa dalam waktu yang tampaknya instan.
  7. Ketakutan berbicara di depan umum adalah ketakutan yang lebih besar daripada kematian bagi kebanyakan orang. Menurut psikiater, rasa takut berbicara di depan umum terjadi oleh rasa takut menonjol, takut mendapat kritik, dan juga takut akan ejekan. Rasa takut menjadi yang berbeda menghalangi kebanyakan orang mencari cara baru untuk memecahkan masalah mereka.
  8. Bangkrut dan miskin adalah kata yang berbeda. Bangkrut hanya sementara sedangkan miskin itu abadi.
  9. Kita semua memiliki potensi yang luar biasa, dan kita semua diberkati dengan karunia. Namun, satu hal yang menahan kita semua adalah keraguan diri.
  10. Belajarlah berpikir menggunakan emosi Anda, bukan berpikir dengan emosi Anda.
  11. Sukses adalah guru yang buruk.
  12. Ketakutan yang berlebihan dan keraguan diri merupakan pencela terbesar kejeniusan diri.
  13. Kebanyakan orang gagal menyadari bahwa dalam hidup, bukan berapa banyak uang yang Anda hasilkan, tetapi berapa banyak uang yang Anda simpan.
  14. Ukuran kesuksesan diri diukur dengan kekuatan keinginan Anda, ukuran impian Anda, dan bagaimana Anda menangani segala hal yang memantik kecewa.
  15. Anda tidak akan pernah tahu arti kebebasan sejati sampai Anda mencapai kebebasan finansial.

Artikel ini telah terbit di Bisnis.com dan IDN Times.

Konsep Menjadi Kaya Robert T. Kiyosaki

Desain website oleh Cahaya TechDevKlub Cahaya

About the author : Evitaaa
Tell us something about yourself.

Mungkin Anda Menyukai

Dukungan & komentar!

Biar Karya Bicara
Ambil bagian, mainkan peran hidupmu!

Komentar

No comments yet

Download / Install Aplikasi Klub Cahaya

Hai, sahabat Cahaya! Ini cara download dan install aplikasi Klub Cahaya ke HP kamu. Mudah, cepat dan tidak butuh banyak memori.

Klik "Add Klub Cahaya to Home screen".

Refresh layar jika tidak muncul.

Klik "Add". Selesai.

Tunggu beberapa saat.

Klub Cahaya terinstall; icon muncul di layar HP.

Happy time bersama Klub Cahaya!!!