Manfaat Konsumsi Madu Hitam

Manfaat Konsumsi Madu Hitam

Meski rasanya tak manis seperti madu pada umumnya, madu hitam mengandung sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan.

Madu ini dihasilkan oleh sekelompok lebah penghisap nektar bunga mahoni, bunga paitan, kaliandra, dan bunga karet singkong. Apa saja sih kandungan hingga manfaat dari madu hitam?

Komposisi dan Nilai Gizi Madu Hitam

Manfaat Konsumsi Madu Hitam

Menurut penelitian yang dilakukan oleh ahli biokimia, dr Larry Brookes, berikut beberapa zat yang terkandung dalam madu hitam.

  • Saponin : Bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kestabilan gula darah, dan mengurangi lemak.
  • Flavonoid : Membantu mengurangi lemak tubuh, melancarkan peredaran darah, dan menurunkan kadar kolesterol jahat
  • Unsur Chromium : Membantu fungsi pankreas dalam memproduksi insulin sehingga metabolisme gula darah beredar dengan lancar
  • Zat alkaloid : Zat yang berfungsi sebagai anti infeksi yang efektif menyembuhkan peradangan dan mengembalikan fungsi sel tubuh.
  • Hemoglobin : Zat ini mengikat oksigen tubuh, sehingga stamina dan vitalitas tubuh tetap terjaga.

Selain kandungan di atas, ada sejumlah kandungan nutrisi lain yang terdapat pada madu hitam, yaitu :

  • Fruktosa: 17,10%
  • Dekstrosa: 31%
  • Sukrosa: 1.5%
  • Maltosa: 7,2%
  • Karbohidrat: 0,57%
  • Nitrogen: 0,04%
  • pH: 3,9%
  • Fosfor: 1,9-6,3 mg
  • Besi: 0,06-1,5 mg
  • Natrium: 0,76 mg
  • Kalsium: 4,4-9,2 mg
  • Kalium: 13,2-168 mg
  • Vitamin C: 2,2-2,4 mg
  • Tiamin: <0006 mg
  • Riboflavin: <0,6 mg
  • Niasin: <0,36 mg

Manfaat Konsumsi Madu Hitam

Jika mengkonsumsi madu hitam, kamu akan memperoleh banyak manfaat.

1. Sebagai Suplemen Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan gizi madu hitam seperti kalsium, tembaga, besi, magnesium, fosfor, natrium dan seng cukup kompleks untuk memenuhi nutrisi tubuh. Sehingga jenis madu ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit dan juga gejalanya.

2. Obat untuk Sakit Sendi

Nyeri sendi yang disebabkan oleh asam urat bisa disembuhkan dengan madu hitam.

Madu ini memiliki sifat detoks atau penetral racun yang bisa menetralkan zat purin penyebab utama asam urat. Zat ini dapat terurai dan mudah dikeluarkan oleh ginjal

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Madu hitam mengandung kadar glukosa yang rendah dan alkaloid yang sangat tinggi. Kombinasi ini baik untuk menurunkan kadar gula darah.

Penglihatan yang biasanya kabur pun bisa normal kembali dan frekuensi buang air kecil di malam hari bisa sedikit berkurang.

4. Menghilangkan Flek Hitam

Flek hitam mungkin mengganggu dan sulit dihilangkan. Madu hitam yang bekerja untuk melancarkan peredaran darah bisa membantu menghilangkannya.

Caranya adalah dengan mengoleskan madu ini pada wajah, maksimal dua kali dalam seminggu.

Dengan begitu, flek hitam bisa terkikis dan hilang secara bertahap dari wajah. Selain dengan madu hitam, kamu juga bisa mengoleskan minyak zaitun untuk mengurangi efek kulit kering akibat madu hitam.

5. Menyembuhkan Penyakit Asma dan Paru-paru

Pengobatan medis yang mahal membuat masyarakat beralih ke pengobatan tradisional, termasuk mengkonsumsi madu hitam.

Banyak yang sudah membuktikan khasiat madu ini dalam mengobati penyakit asma dan paru-paru. Meski begitu, proses penyembuhannya membutuhkan waktu yang berbeda-beda, tergantung kondisi tubuh pasien.

6. Sebagai Antibiotik

Madu hitam mempunyai sifat bakteriostatik, atau adanya zat yang berfungsi sebagai penghenti laju aktivitas bakteri atau biasanya disebut sebagai antibiotik.

Sebagai antibiotik alami, madu hitam aman digunakan untuk mengobati infeksi ringan seperti sesak napas, sakit tenggorokan, dan batuk.

7. Mengobati Penyakit Lambung

Mual dan nyeri pasti sering penderita maag alami. Hal ini karena produksi asam lambung yang meningkat, sehingga membuat perut kembung.

Mengkonsumsi madu hitam secara rutin bisa dengan cepat mengurangi dan menyembuhkan maag, bahkan membuat pencernaan menjadi normal dan lancar.

8. Membuat Kulit Bercahaya

Kurangnya zat besi bisa membuat kulit tampak pucat. Selain itu juga bisa mempengaruhi kesehatan rambut dan kuku. Tubuh yang kekurangan zat besi bisa mempengaruhi bentuk kuku, serta menyebabkan kuku tipis dan berkerut.

Madu hitam mengandung magnesium dalam jumlah tinggi dan mineral penting lainnya. Sehingga jenis madu ini bisa berkontribusi pada kesehatan kulit dengan melawan eksim, jerawat, keriput, kerontokan rambut, dan keretakan kuku.

9. Mengatasi Anemia

Penyebab umum dari anemia adalah kekurangan zat besi dan nutrisi lainnya seperti vitamin B12. Kurangnya zat besi menyebabkan kelelahan, kedinginan, bibir pecah-pecah, merasa cemas, rambut rontok, dan pusing.

Madu hitam merupakan sumber zat besi dan mineral vital tubuh. Banyak dokter yang menyarankan penderita anemia untuk mengkonsumsi madu hitam dalam jumlah yang banyak dengan segelas air panas.

10. Meredakan Gangguan Menstruasi

Madu hitam ternyata sudah menjadi obat rumahan untuk meredakan gangguan menstruasi selama berabad-abad.

Dengan meminum teh madu hitam hangat bisa meredakan gejala sakit akibat menstruasi, termasuk nyeri payudara.

11. Tulang yang Kuat

Untuk mendapat tulang yang kuat, kamu perlu mengonsumsi magnesium dan juga kalsium selain vitamin D.

Madu hitam merupakan sumber kalsium yang baik apabila dikonsumsi secara teratur. Kamu bisa mendapatkan tulang yang kuat dan sehat.

12. Mengurangi Obesitas

Menurut penelitian, polifenol yang ada di madu hitam memiliki antioksidan yang terbukti efektif dalam mengontrol berat badan.

Madu hitam membantu mengurangi berat badan dan kandungan lemak dengan mengurangi penyerapan kalori dalam tubuh.

13. Menyembuhkan Luka

Madu hitam bisa kalian gunakan untuk menyembuhkan luka, mengobati luka bakar, dan mendorong pertumbuhan jaringan yang sehat. Kaya akan mineral dasar, madu hitam membantu menguatkan kulit.

Itulah sederet manfaat dari madu hitam. Walaupun rasanya tak manis, tapi tubuh, kulit, hingga rambut yang sehat bisa kalian dapatkan.

Artikel ini telah terbit di: Detik.com

Manfaat Konsumsi Madu Hitam

Desain website oleh Cahaya TechDev – Klub Cahaya

Indica Curie

Just someone who loves tourism.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan