Teknologi NFC Memudahkan Transaksi PMI Di Hong Kong

NFC merupakan singkatan dari “Near Field Communication”. Atau bisa juga memiliki arti sebagai komunikasi medan dekat. Fiturnya membutuhkan dua perangkat yang masing-masing kompatibel, satu bertindak sebagai transmitter dan satu menjadi penangkap sinyal.

NFC mendukung aplikasi pembayaran digital secara nirkontak (contactless) seperti Octopus di Hong Kong atau Samsung Pay atau Apple Pay. Ada 2 jenis perangkat yang kompatibel, yakni perangkat pasif dan aktif.

Perangkat pasif misalnya kartu uang elektronik atau perangkat transmitter kecil lainnya yang hanya bisa mengirim informasi ke perangkat lain tanpa membutuhkan daya. Perangkat jenis ini tidak perlu mengolah informasi yang pengguna terima dari perangkat lain. Mereka juga bersifat dependen alias membutuhkan perangkat aktif untuk bisa terhubung.

Teknologi NFC Memudahkan Transaksi PMI Di Hong Kong

Sementara perangkat NFC aktif bisa mengirim maupun menerima data. Contoh paling umum adalah smartphone yang telah lengkap dengan fitur NFC. Ada pula pembaca kartu yang tersedia di transportasi umum atau mesin pembayaran digital.

Selain melakukan pembayaran lewat terminal Samsung Pay atau Apple Pay tadi, smartphone yang lengkap dengan NFC pun bisa anda gunakan untuk membaca saldo tersisa sekaligus mengisi ulang kartu uang elektronik, cukup dengan menempelkan kartu ke punggung ponsel.

Kegunaan lainnya ialah termasuk menghubungkan perangkat lain ke smartphone dengan mudah, misalnya kamera digital. Dengan NFC, ponsel juga bisa berguna sebagai “tiket” untuk sarana transportasi umum atau masuk ke venue acara.

Cara Kerja

Dari cara kerjanya, agak mirip dengan bluetooth atau WiFi yang bertumpu pada gelombang radio untuk mengirimkan informasi. Teknologi yang berguna adalah Radio-frequency identification (RFID) jenis lama yang menggunakan induksi elektromagnetik untuk mengirim informasi.

NFC bisa untuk menginduksi arus elektrik di komponen pasif untuk hanya mengirim data. Komponen pasif tersebut tidak harus memiliki daya, mereka bisa mengandalkan medan elektromagnetik yang komponen aktif produksi ketika dua komponen saling berdekatkan. Hal ini yang menjadi pembeda dengan bluetooth.

Teknologi NFC tidak bisa mengisi daya antar perangkat. Meski demikian, teknologi power sharing atau berbagi daya dengan menempelkan dua perangkat, menggunakan basis prinsip teknologi yang serupa. Frekuensi yang bekerja saat mentransmisikan data melalui NFC, sebesar 13,56 megahertz. Itu artinya, data bisa transfer antar perangkat dengan kecepatan mulai dari 106, 212, hingga 424 kilobit per detik. Tergolong cukup cepat dalam urusan transfer data antar perangkat.

Penulis : Evita C.

Sumber : Dari berbagai sumber

Teknologi NFC Memudahkan Transaksi PMI Di Hong Kong

Desain website oleh Cahaya TechDevKlub Cahaya

About the author : Evitaaa
Tell us something about yourself.

Mungkin Anda Menyukai

Dukungan & komentar!

Biar Karya Bicara
Ambil bagian, mainkan peran hidupmu!

Komentar

No comments yet

Download / Install Aplikasi Klub Cahaya

Hai, sahabat Cahaya! Ini cara download dan install aplikasi Klub Cahaya ke HP kamu. Mudah, cepat dan tidak butuh banyak memori.

Klik "Add Klub Cahaya to Home screen".

Refresh layar jika tidak muncul.

Klik "Add". Selesai.

Tunggu beberapa saat.

Klub Cahaya terinstall; icon muncul di layar HP.

Happy time bersama Klub Cahaya!!!