Formula Pembasmi Tawon Berbahan Alami Antar Pelajar SMAN 2 Palangka Raya Juara ISIF

Tawon merupakan salah satu hewan penyengat yang paling manusia hindari. Sengatannya menyakitkan, dan juga dapat menyebabkan bengkak serta kemerahan pada area kulit yang terkena sengatan. Untuk mengatasi hal itu, banyak yang mencari berbagai cara demi mengusir serangga yang satu ini.

Formula Pembasmi Tawon Berbahan Alami Antar Pelajar SMAN 2 Palangka Raya Juara ISIF

Beruntungnya, pelajar dari Sekolah Menengah Negeri (SMAN) 2 Palangka Raya, Kalimantan Tengah berhasil membuat pembasmi tawon dari bahan alami. Atas karyanya tersebut, mereka mendapatkan medali emas dalam ajang Internasional Science and Invention Fair (ISIF).

Penggunaan Bahan Alami

Michael selaku siswa SMAN 2 Palangka Raya sekaligus peserta ISIF tersebut, mengatakan jika timnya berhasil membuat formula tersebut dalam bentuk bubuk dan cair. Formula itu terdiri dari campuran bahan alami, yaitu batang serai dan kayu manis.

“Kemarin kami memenangkan lomba ini dengan produk kami, yaitu cimoverum cymbotratus. Ini yang berbentuk powder dan cairan, terbuat dari lemongrass (serai) dan cinnamomum verum (kayu manis),” ungkap michael, Jumat (11/11/2022).

Penggunaannya ada dua cara. Pertama untuk bahan bubuk, mereka menggunakan daun pisang. Taburi bubuk tersebut pada permukaan daun pisang, kemudian gulungkan. Setelah itu, bakar daun pisang tersebut hingga menimbulkan aroma wangi.

Kemudian yang kedua, mereka menggunakan semprotan air yang telah terisi cairan formula serai dan kayu manis. Kemudian menyemprotkannya ke sarang tawon tersebut.

Menurutnya hal itu terbukti efektif, karena aroma dan zat yang alami yang terkdaung dalam formula tersebut tidak tawon sukai. Hal itu pun dapat membasmi hama tawon.

Hal senanda juga Herlita, selaku guru SMAN 2 Palangka Raya jelaskan, jika anak didiknya berhasil membuat formula pengusir tawon hingga medapatkan medali dalam ajang ISIF.

“SMA Negeri 2 kembali mengikuti event Internasional Science and Invention Fair (ISIF), salah satu tim dari kami membuat pembasmi tawon yang berhasil mendapatkan spesial awards,” ujar Herlita.

Banyak Karya Lain, Dapat Medali Emas Semua

Selain membuat pembasmi tawon, para pelajar SMAN 2 juga membuat berbagai karya lain yang tak kalah manfaatnya. Misalnya salep dan plester yang ramah terhadap penderita luka bakar yang terbuat dari ekstrak daun sambiloto. Lalu ada es krim rendah gula yang terbuat dari bunga, hingga ramuan herbal untuk penderita hepatitis. Dari semua karya yang mereka hasilkan tersebut, seluruhnya mendapatkan medali emas.

Sekedar informasi ISIF merupakan ajang bergengsi antar pelajar di dunia. Untuk tahun ini, lokasi pelaksanaan berada di Bali, dengan total 614 tim yang berpartisipasi dari 34 negara di dunia.

Artikel ini telah terbit di Liputan6.

Formula Pembasmi Tawon Berbahan Alami Antar Pelajar SMAN 2 Palangka Raya Juara ISIF

Desain website oleh Cahaya TechDevKlub Cahaya

About the author : Evitaaa
Tell us something about yourself.

Mungkin Anda Menyukai

Dukungan & komentar!

Biar Karya Bicara
Ambil bagian, mainkan peran hidupmu!

Komentar

No comments yet

Download / Install Aplikasi Klub Cahaya

Hai, sahabat Cahaya! Ini cara download dan install aplikasi Klub Cahaya ke HP kamu. Mudah, cepat dan tidak butuh banyak memori.

Klik "Add Klub Cahaya to Home screen".

Refresh layar jika tidak muncul.

Klik "Add". Selesai.

Tunggu beberapa saat.

Klub Cahaya terinstall; icon muncul di layar HP.

Happy time bersama Klub Cahaya!!!